Header Ads

Taj Mahal seringkali dikaitkan dengan karya cinta yang teragung, ini adalah 8 fakta menarik tentangnya


Taj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangunkankan atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk isteri kesayangannya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.

Taj Mahal merupakan sebuah ahli karya dari arsitektur Mughal. Semua orang mengakui Taj Mahal sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Bangunan ini merupakan suatu makam yang dianggap suci, dibangunkankan dari mamar  putih yang melambangkan kemurnian, cinta dan rasa sakit.

Seperti tidak ada bangunan lain di dunia yang memiliki konsep yang serupa dengan Taj Mahal.
Rabindranath Tagore menyebut Taj Mahal sebagai “a tear drop on the cheek of time” yang berarti setitis air mata yang jatuh di pipi sang waktu.

Bangunan ini berdiri kukuh di Agra, India. Banyak cerita yang berkembang di sekitar bangunan yang eksotis ini. Mari kita ulas beberapa fakta menarik tentang Taj Mahal.

1. Taj Mahal Lambang Cinta Shah Jahan Kepada Mumtaz Mahal

Taj Mahal dibangunkan oleh Kaisar Mughdal, Shah Jahan sebagai pengingat akan meninggalnya sang isteri yang sangat dicintainya. Isterinya bernama Mumtaz Mahal yang merupakan isterinya yang ke-3, beliau meninggal saat proses melahirkan anak yang keempat belas pada tahun 1631.

Legenda mengatakan bahwa bahwa seorang permaisuri adalah bahagian yang tak terpisahkan dari kehidupan Shah Jahan, sehingga dengan kematian Mumtaz Mahal maka serasa mati pula yang dirasakan kaisar.

Hanya dalam beberapa bulan rambut dan janggutnya tumbuh uban putih yang menandakan kematiannya juga sudah dekat


2. Waktu Pembangunan dan Jumlah Dana untuk Membangunkan Taj Mahal Tidak Murah

Pembangunan Taj Mahal dimulai dari tahun 1632, setahun setelah kematian Ratu Mumtaz Mahal dan baru selesai tahun 1653 yang berarti memerlukan waktu sekitar 22 tahun untuk membangunkan sebuah bangunan yang menakjubkan ini.



Pada saat itu, diperkirakan kos untuk membangunkan Taj Mahal adalah sekitar 32 juta rupee, yang bila diperhatikan dari segi nilai mata uang saat ini akan menjadi jumlah yang sangat hebat iaitu lebih dari 1 triliun rupiah. Maka tak hairan jika bangunan ini sangat megah.


3. Puluhan Ribu Pekerja Membangun Taj Mahal

Untuk ukuran satu bangunan Taj Mahal terbilang sangat ramai dalam urusan jumlah pekerja yang terlibat dalam pembangunannya. Setidaknya ada 20.000 pekerja mulai dari buruh bangunan, pemotong batu, pelukis, seniman bordir, seniman kaligrafi dan masih banyak lagi.


Arkitek dari Taj Mahal sendiri adalah Ahmed Lahauri. Untuk membawa batu-batu raksasa itu juga memerlukan lebih dari 1.000 gajah yang dipekerjakan mengusung batu-batu bahan Taj Mahal. Maka tak hairan juga jika bangunan ini sangat megah.


4. Semua Bahagian Dibangunkan Menggunakan Material Mewah

Bangunan paling mewah saat inipun tidak dapat mengalahkan kemegahan Taj Mahal. Kerana mereka dibangunkan menggunakan bata merah namun tidak demikian dengan bangunan mewah di tepi sungai Yamuna ini. Seluruh tembok bangunan megah ini dibangunkan menggunakan mamar putih.



Mamar dengan kalitas nombor satu ini didapat dari Rajasthan, Afghanistan, Tibet dan Tiongkok. Namun hal ini belum cukup, kerana ia menambahkan batu mulia lain untuk menghiasi mamar-mamar tersebut. Jadi kos yang dikeluarkan untuk membangunkan Taj Mahal sangat mahal.


5. Terdapat Banyak Prasasti Dalam Bentuk Ukiran Kaligrafi

Taj Mahal merupakan sebuah maha karya yang didedikasikan sebagai tempat penghormatan atas Mumtaz Mahal. Dengan begitu banyak sekali ditemukan prasasti yang menghiasi bangunan dalam bentuk tulisan kaligrafi.


Bahkan ada tulisan kaligrafi yang menghiasi makam Mumtaz Mahal yang berisikan puja puji atas dirinya. Fakta unik lainnya adalah ada tulisan kaligrafi di samping makam permaisuri yang bertuliskan 99 nama Allah.


6. Taj Mahal Adalah Bangunan Paling Simetris di Dunia

Kesempurnaan dari Taj Mahal terletak pada struktur bangunannya yang sangat simetris. Bahkan dunia mengakui jika Taj Mahal adalah bangunan paling simetris di dunia. Struktur bangunannya memiliki empat sisi yang identik sempurna. Hal ini dapat terjadi sebab arsitek menerapkan prinsip replikasi dan simetri dalam geometri dan arsitekturnya.


Jika diperhatikan maka separuh bangunan akan menjadi cermin dadi separuh yang lain. Namun terdapat dua makam yang berbeza ukuran di dalam bangunan. Ini untuk membezakan antara makam laki-laki dan perempuan. Empat menara juga dibangunkan diandaikan jika runtuhan berlaku tidak mengenai struktur utama bangunan. Hebat ya mereka sudah memikirkan sejauh itu.


7. Warna Taj Mahal Dapat Berubah Sesuai Mood

Apakah Anda sudah tahu jika Taj Mahal dapat berubah warna dalam waktu-waktu tertentu di hari yang berbeza? Ya, warna Taj Mahal berubah-ubah sesuai mood, penyebabnya adalah mamar putih dan seramik yang memantulkan cahaya.

Di pagi hari Taj Mahal akan nampak merah muda yang merona dan akan berubah menjadi putih bersinar di siang hari kemudian jika malam tiba warna akan berubah seketika menjadi emas yang mengkilap diterpa cahaya rembulan.

Perubahan warna ini dianalogikan dengan suasana hati seorang wanita atau lebih spesifiknya suasana hati Mumtaz Mahal.


8. Taj Mahal Sebenarnya Adalah Kuil Hindu

Taj Mahal dibangunkan dengan perpaduan arsitektur India, ersia, dan Islam dan dianggap sebagai maha karya era Mughal. Namun seorang penulis dari India bernama PN Oak, mengklaim jika Taj Mahal sebenarnya adalah Kuil Shiv (kuil hindu) dan istana Rajput yang dibangunkan oleh raja Hindu, Parmar Dev. Ia menulis jika kaisar Shah Jahan telah menyita bangunan itu dari Parmar.



Untuk membuktikan klaimnya itu ia mengajukan permohonan kepada pihak terkait untuk menggali lebih dalam bangunan itu namun tuntutannya mendapat penolakan oleh Pengadilan Tinggi setempat. Hari ini Taj Mahal difungsikan sebagai tempat lawatan sekaligus masjid untuk beribadah umat islam.

Dikuasakan oleh Blogger.