Header Ads

‘Saya Hampir Hilang Anak Perempuan Yang Berusia 9 Bulan Semalam, Muka Dia Dah Biru!’

Dari: Zuraihan Selina Suharin

Guys, I almost lost my 9 month daughter, Janna, kemarin. Janna tiba-tiba menangis di kamar bermain dengan Yaya. Bila saya masuk kamar, Janna telungkup di lantai tak bergerak. Saya membalikkan dia, tengok dah biru. First came into my mind was CPR. So buatlah CPR, tapi masih tak sadar. menyebabkan saya menjadi panik.

Saya angkat Janna, tepuk belakang Janna. Masih tidak sadarkan diri. Waktu ini saya dah mulai menangis. Sambil mencoba mengembangkan Janna, saya menjerit-jerit memanggil bibik. Bibik baru habis solat Isya terus berlari dari biliknya.

Janna dipeluk dan didukung sambil ditepukkan lagi di belakangnya. Saya waktu itu sudah terduduk menangis, tidak mampu berbuat apa-apa. Tiba-tiba saya mendengar Janna terbatuk dan menangis. Ya Allah, benar-benar saya ingat Janna sudah tiada.

Bila jumpa doktor di Hospital, doktor jelaskan tidak ada apa-apa yang serius jadi. Katanya ini Breath-Olding Spell. Hilang nafas sekejap, kemudian akan pulih kembali. Di kepala saya, ingatkan Janna mengalami sawan tarik sebab Janna baru baik dari demam panas. Ternyata bukan. Saya jelaskan apa saya buat di rumah bila Janna tiba-tiba pingsan.

"Memang CPR dan tepuk belakang itu yang membantu. CPR untuk suplai oksigen ke tubuh. Paling penting, otak. Kalau tak buat dalam waktu lima menit setelah kejadian, baby bisa jadi 'sudah tidak ada'. Jadi semalam, CPR tak jalan, kena usaha tepuk-tepuk atau kejutkan baby sampai terbangun, "jelas dokter. Ini semua terjadi dalam waktu dua menit saja. Tolong, tolong belajar CPR. Saya buat CPR cara yang salah. Sepatutnya untuk baby, kena pastikan mulut kita, cover mulut dan hidung baby. Kemudian dihembus sekali.

I'M just a lucky mother semalam. I thought I had lost her. Hari ini saya peluk Janna itu dengan pelukan luar biasa. Guys, belajarlah CPR for kids and make sure ada phone number Careline. Setiap rumah sakit ada nomor careline mereka sendiri. Kasus-kasus seperti pingsan ini, kalau tunggu ambulans semalam, nauzubillah. Dengan call online careline ini, perawat yang ada di online akan membantu bagaimana mau menghadapi kasus-kasus seperti ini. Ini baru kali pertama saya tahu adanya layanan seperti ini.

Hanya dengan teman terdekat saya kongsi tentang kejadian ini tadi malam. But I feel want to extend it to everyone of you because this is real. Hanya alasan menangis saja, bisa pingsan atua berhenti bernapas! Saya baru tahu ada sakit seperti ini. Semenjak Janna jadi begini, dokter menyarankan kalau anak menangis, cepat pujuk dan tenangkan dia segera. Itu saja cara mengatasinya saat ini. Tambahkan dokter lagi, kalau sekali dah pernah terjadi, ia bisa terjadi lagi dan saya masih trauma.
Mohon anak-anak kita selalu dilindungi olehNya. Amin.




Dikuasakan oleh Blogger.